Radartuban.jawapos.com – Dari tiga destinasi wisata yang dirilis selama 2022, dua di antaranya merupakan wisata air. Keduanya, Wisata Silowo (Kecamatan Merakurak) dan Wisata Sendang Beron (Kecamatan Rengel). Satu wisata lain yang mengandalkan kuliner adalah Wisata Sadang, Kecamatan Jatirogo.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban M. Emawan Putra mengatakan, tiga destinasi wisata yang dibuka tahun lalu sebenarnya bukan wisata yang benar-benar baru. Ketiganya sudah lama dikenal masyarakat. Hanya saja, baru dideklarasikan menjadi tempat wisata setelah pembentukan kelompok sadar wisata (pokdarwis).

Wawan, sapaan akrabnya mengatakan, kesadaran masyarakat di Tuban untuk membentuk tempat wisata patut diacungi jempol. Terbukti, banyak kelompok masyarakat yang berlomba-lomba menghidupkan desanya agar bisa menjadi sumber perputaran ekonomi. Mantan inspektur wilayah IV Inspektorat Tuban itu mengungkapkan, Bumi Wali memiliki potensi alam yang sangat lengkap. Mulai dari pantai, gua, sendang, perbukitan, dan masih banyak lainnya. (yud/ds)